Kamis, 14 Maret 2013

Prinsip Manajemen Organisasi


Prinsip manajemen adalah dasar-dasar atau pedoman kerja yang bersifat pokok yang tidak boleh diabaikan oleh setiap manajer/pimpinan. Dalam prakteknya harus diusahakan agar prinsip-prinsip manajemen ini hendaknya tidak kaku, melainkan harus luwes, yaitu bisa saja diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Prinsip-prinsip manajemen terdiri atas :
1. Pembagian kerja yang berimbang Dalam membagi-bagikan tugas dan jenisnya kepada
    semua kerabat kerja, seorang manajer hendaknya bersifat adil, yaitu harus bersikap sama
    baik dan memberikan beban kerja yang berimbang.

2. Pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab yang tegas dan jelas Setiap kerabat kerja
    atau karyawan hendaknya diberi wewenang sepenuhnya untuk melaksanakan tugasnya
    dengan baik dan mempertanggung jawabkannya kepada atasan secara langsung.

3. Disiplin adalah kesedian untuk melakukan usaha atau kegiatan nyata (bekerja sesuai   
    dengan jenis pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya) berdasarkan rencana,
    peraturan dan waktu (waktu kerja) yang telah ditetapkan.

4. Kesatuan perintah
    Setiap karyawan atau kerabat kerja hendaknya hanya menerima satu jenis perintah dari 
    seorang atasan langsung (mandor/kepala seksi/kepala bagian), bukan dari beberapa orang
    yang sama-sama merasa menjadi atasan para karyawan/kerabat kerja tersebut.

5. Kesatuan arah
     Kegiatan hendaknya mempunyai tujuan yang sama dan dipimpin oleh seorang atasan
     langsung serta didasarkan pada rencana kerja yang sama (satu tujuan, satu rencana, dan satu pimpinan).

0 komentar:

Posting Komentar

 

UMAKA UNSOED

Unit Kegiatan Mahasiswa Katolik UNSOED

UNSOED

UNIVERSITAS JENDRAL SOEDIRMAN PURWOKERTO