Prinsip
manajemen adalah dasar-dasar atau pedoman kerja yang bersifat pokok yang tidak
boleh diabaikan oleh setiap manajer/pimpinan. Dalam prakteknya harus diusahakan
agar prinsip-prinsip manajemen ini hendaknya tidak kaku, melainkan harus luwes,
yaitu bisa saja diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Prinsip-prinsip manajemen
terdiri atas :
1. Pembagian kerja yang berimbang Dalam membagi-bagikan tugas dan jenisnya kepada
1. Pembagian kerja yang berimbang Dalam membagi-bagikan tugas dan jenisnya kepada
semua kerabat kerja, seorang manajer
hendaknya bersifat adil, yaitu harus bersikap sama
baik dan memberikan beban kerja yang
berimbang.
2. Pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab yang tegas dan jelas Setiap kerabat kerja
atau karyawan hendaknya diberi wewenang
sepenuhnya untuk melaksanakan tugasnya
dengan baik dan mempertanggung jawabkannya
kepada atasan secara langsung.
3. Disiplin adalah kesedian untuk melakukan usaha atau kegiatan nyata (bekerja sesuai
dengan jenis pekerjaan yang menjadi tugas
dan tanggung jawabnya) berdasarkan rencana,
peraturan dan waktu (waktu kerja) yang
telah ditetapkan.
4. Kesatuan perintah
Setiap karyawan atau kerabat kerja hendaknya hanya menerima satu jenis perintah dari
seorang atasan langsung (mandor/kepala
seksi/kepala bagian), bukan dari beberapa orang
yang sama-sama merasa menjadi atasan para
karyawan/kerabat kerja tersebut.
5. Kesatuan arah
Kegiatan hendaknya mempunyai tujuan yang sama dan dipimpin oleh seorang atasan
langsung serta didasarkan pada rencana
kerja yang sama (satu tujuan, satu rencana, dan satu pimpinan).
0 komentar:
Posting Komentar